"Persetan semua ajarannya
Jadikan nyata hancurkan dosa
Hiduplah dengan rakusnya dunia
Habiskan semua sampah logika"
(Tuhan Telah Mati-Forgotten)
Jadikan nyata hancurkan dosa
Hiduplah dengan rakusnya dunia
Habiskan semua sampah logika"
(Tuhan Telah Mati-Forgotten)
album Tuhan Telah Mati liris pada tahun 2001 dan kontroversial.
Apa kata mereka tentang album ini?
Salah
satu lagu kontroversial dari Band asal Bandung, FORGOTTEN di tahun 2001
kemarin, Yap....Tuhan telah mati.....perspektif realitas yang gw rasa
tepat untuk menggambarkan kondisi sosial masyarakat sekarang.
Dimana orang-orang sudah menemukan berhala-berhala baru untuk disembah, tuhan-tuhan baru dalam kehidupan nyata sekarang. Rumah ibadah pindah ke mall ataupun hotel. Berhala kehormatan dan eksistensi yang bernama mode atau tren.
Korban doktrin khotbah-khotbah indah tentang manfaat suatu produk yang dengan sabdanya mengajak masyarakat untuk beribadah ke mall, pasar, dan menjadi umat yang konsumtif.
Bujuk rayu 'kapitalisme' ini dapat mengantarkan masyarakat masuk ke dalam pintu gerbang eksistensi lewat aksi yang bernama membeli. Yap....membeli, membeli apa aja yang ditawarkan tanpa harus berpikir benda yang dibeli itu bermanfaat atau tidak.
Pola pikir masyarakat yang sebenarnya rasional tapi tak berdaya melawan gempuran sabda dan khotbah suci maupun berjuta eksemplar kitab suci baru yang bernama majalah, brosur, dengan isi yang vulgar, porno dan indah yang dirancang sedemikian efektif untuk mempengaruhi, bukan cuma pandangan hidup tapi juga pilihan hidup seseorang, sehingga sanggup memukau dan mampu membius logika dan nalar kita.
Dimana orang-orang sudah menemukan berhala-berhala baru untuk disembah, tuhan-tuhan baru dalam kehidupan nyata sekarang. Rumah ibadah pindah ke mall ataupun hotel. Berhala kehormatan dan eksistensi yang bernama mode atau tren.
Korban doktrin khotbah-khotbah indah tentang manfaat suatu produk yang dengan sabdanya mengajak masyarakat untuk beribadah ke mall, pasar, dan menjadi umat yang konsumtif.
Bujuk rayu 'kapitalisme' ini dapat mengantarkan masyarakat masuk ke dalam pintu gerbang eksistensi lewat aksi yang bernama membeli. Yap....membeli, membeli apa aja yang ditawarkan tanpa harus berpikir benda yang dibeli itu bermanfaat atau tidak.
Pola pikir masyarakat yang sebenarnya rasional tapi tak berdaya melawan gempuran sabda dan khotbah suci maupun berjuta eksemplar kitab suci baru yang bernama majalah, brosur, dengan isi yang vulgar, porno dan indah yang dirancang sedemikian efektif untuk mempengaruhi, bukan cuma pandangan hidup tapi juga pilihan hidup seseorang, sehingga sanggup memukau dan mampu membius logika dan nalar kita.
Band Forgotten
Terbentuknya FORGOTTEN
tidak pernah lepas dari sejarah komunitas musik HOMELESS CREW di
Ujungberung. Kota kecil di timur kota Bandung, sesak oleh industri,
padat oleh penduduk, kumuh oleh imigran. Sebuah komunitas musik sebagai
wadah dari ketidakpuasan kondisi sosiokultur yang dirasa makin tak
beridentitas. Mereka lahir dan berkembang untuk menjadi sebuah counter
culture. Tahun 1994 FORGOTTEN terbentuk dengan formasi:
§ Ferly } gitar
§ Toteng } gitar
§ Kardun } bass
§ Addy Gembel } vokal
§ Kudung } drum
§ Toteng } gitar
§ Kardun } bass
§ Addy Gembel } vokal
§ Kudung } drum
Bulan
January 1997 album pertama “FUTURE SYNDROME” di rilis. Debut album yang
di rekam di PALAPA STUDIO Bandung, bermaterikan enam buah lagu berlirik
Inggris di rilis oleh bendera indie lokal PALAPA RECORD. Peredarannya
mencakup wilayah Indonesia dan Asia. Sedangkan untuk peredaran di
wilayah Eropa di rilis oleh perusahaan indie Jerman MORBID RECORDS.
Bulan
Maret 1998 album single promo FORGOTTEN bermaterikan dua buah lagu
dengan titel “OBSESI MATI Promo Tape 98″ di rilis di bawah perusahaan
indie lokal ROCK RECORD. Di tengah kesibukan berbagai proyek kompilasi
sejumlah label record, Ferly pemain gitar mengundurkan diri. Proyek full
album yang ke dua mulai di garap pada bulan Februari 2000. Bertempat di
studio Rehearsal 40124 Bandung, sepuluh materi lagu mulai di rekam. Di
bawah label indie lokal Extreme Soul Production, bulan Agustus 2000
album kedua “OBSESI MATI” dirilis.
Pada
album inilah akhirnya Kudung pemain dram mengundurkan diri dan untuk
sementara posisinya di gantikan oleh Andris dramer dari DISINFECTED.
Bulan Juli 2001 FORGOTTEN masuk studio lagi. Bertempat di Bintang 41
studio Bandung, empat buah lagu berlirik Indonesia di garap. Dengan
titel “TUHAN TELAH MATI” bulan Agustus 2001 mini album tersebut dirilis
di bawah perusahaan indie lokal ROCK RECORD. Mei 2002 Kardun pemain bass
mengundurkan diri dan untuk sementara FORGOTTEN masih memakai pemain
bass additional, Dikky dari POSTMORTEM.
Bulan
Maret 2003 FORGOTTEN merilis album ‘TIGA ANGKA ENAM dibawah label
ROTTREVORE RECORDS. Pada masa inilah akhirnya Andris (drum) mengundurkan
diri dan posisinya di gantikan sementara oleh pemain drum MOTOR DEATH.
TENTANG MUSIK DAN LIRIK
Bicara
tentang musik dan lirik FORGOTTEN semua tidak bisa di lepaskan dengan
realitas yang sedang terjadi di sekitar kita. Sebagai sebuah refleksi
realitas yang berasal dari suatu kondisi psikologis tertentu yang di
tuangkan kedalam bentuk notasi dan syair beraturan. Singkatnya adalah
ekspresi kejujuran. Realitas bisa menimbulkan berbagai macam
interpretasi tergantung dari sudut pandang individunya masing-masing.
Sudut pandang itulah yang bisa menimbulkan kondisi-kondisi ekstrim
kejiwaan tertentu. Kondisi kejiwaan ekstrim inilah yang coba di
refleksikan kedalam musik dan lirik FORGOTTEN. Sudut pandang yang di
pakai tentu saja yang radikal.
Tentang
pengaruh dalam bermusik itu pasti ada. Tak ada musik yang tak
terpengaruh apa-apa. Musik itu tidak murni. Yang ada adalah musik
berkarakter. Semua saling mempengaruhi satu sama lain sehingga
melahirkan genre musik baru. Karakter inilah yang terbentuk melalui
sebuah proses yang panjang, rumit, dan melibatkan semua unsur yang ada
pada masa lalu maupun yang sedang berlangsung saat ini. Pengaruh terkuat
musik dan sound FORGOTTEN adalah musik-musik heavy metal era tahun
80-an dan 90-an. Seperti Deep Purple, Iron Maiden, Black Sabbath, Dream
Theatre, Yngwee Malmsteen. Yang paling dominan adalah pengaruh band
thrash metal dan Deathmetal era 90-an seperti Slayer, Kreator,
Testament, Pantera, Death, Soltice, Obituary, Malevolent Creation.
Lirik
FORGOTTEN banyak bicara tentang realitas. Kasar, jorok, vulgar.
Pemilihan diksi kalimat yang di tampilkan adalah kata yang cenderung
berimplementasi pada eksplotatif-seporadis.sastra sarkastik. Nuansa sisi
gelap manusia selalu di tonjolkan dan mendominasi setting background
lagu dengan mayoritas tema berkisar tentang depresi, nihilisme,
schizophrenic, putus asa, politik sosial, kematian, kehancuran budaya,
psikoanalisis, dan kekerasan.
Pengaruh
lirik dari berbagai sumber. Paling besar berasal dari buku-buku yang di
baca. Buku sastra, filsafat, budaya,politik maupun buku teks. Yang
“kanan” maupun “kiri”. Buku Paulo Freire, Nietzche, Che Guevara, Ayu
Utami, Enny Arrow, Pramudya Ananta Toer, kitab Injil, Al-Quran, Sigmund
Freud, Karen Armstrong, Noam Chomsky, Albert Camus, Play Boy,
CrimeThink, Karl Marx, Emma Goldman, Kahlil Gibran, buku terbitan
CrimethInc, Agus Noor, Rendra, lirik Iwan Fals. Pengaruh dari film
terutama karya dari Stephen King, Garin Nugroho, Steven Spielberg, Walt
Disneys, Vivid Entertainment, dan semua wacana yang menawarkan subjek
pertanyaan tuhan, surga, neraka, pahala, dosa, setan, dunia, akhirat.
Segala bentuk wacana yang dianggap mapan oleh publik dan di gugat
kembali oleh FORGOTTEN.
apokalip-
Inilah band yang mungkin menjadi fenomenal diblantika musik metal indonesia dengan banyak pro dan kontra ttg mereka, death metal itu indah koq apabila kita memandangnya dari sudut pandang dan pola pikir yang positif dan maju. Forgotten bermusik untuk kita dan untuk yang menyayanginya, lirik-liriknya dialbum ini mempunyai makna yang besar dan berarti mendalam. segi musik mereka sudah tidak diragukan lagi deh bos musik yang agresif, teknikal, dan brutal serta lirik yang kontroversi itu adalah ciri dari band begundal asal bandung ini. apakah kalian siap dengan album yang bisa membakar adrenalin kita?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar